Aspek- Aspek dan Sukses Kriteria Kegiatan Outdoor Learning (3)

Aspek-Aspek Kegiatan Outdoor Learning. Dalam kegiatan Outdoor Learning, terdapat beberapa aspek yang harus dipertimbangkan. Pertama kompetensi guru. Guru berperan penting sebagai pendamping, fasilitator dan penggagas kegiatan. Oleh sebab itu guru harus memiliki kompetensi untuk dapat menghasilkan kegiatan yang sesuai dengan tujuan. Kompetensi guru tersebut meliputi kemampuan untuk memahami materi dan menyelaraskannya dengan tujuan kegiatan, kemampuan memetakan resiko yang mungkin muncul, kemampuan membuat rencana cadangan yang matang, kemampuan untuk dapat menanggulangi masalah yang mungkin timbul berdasarkan pemetaan yang sudah dibuat, serta menciptakan kegiatan yang sesuai dengan tujuan dan materi yang akan diajarkan.

Tabel 1. Aspek-Aspek Kegiatan Outdoor Learning (Lihat PDF)

Tabel 1. Aspek-aspek dalam kegiatan Outdoor Learning

Aspek yang kedua adalah aspek jaminan kesehatan dan keamanan. Tentunya sebuah kegiatan akan memprioritaskan jaminan kesehatan dan keamanan. Hal ini akan membantu sekolah dalam meyakinkan orang tua bahwa kegiatan yang akan diadakan adalah berkualitas, bermanfaat, dan dapan dipertanggungjawabkan. Aspek ini meliputi pemeriksaan kondisi kesehatan siswa, konsiderasi keselamatan yang didasarkan pada survey yang dilakukan, pemetaan resiko, standar penanggulangan masalah, serta konsiderasi pemilihan alat transportasi. Selanjutnya, aspek yang tidak kalah pentingnya adalah aspek penentuan tempat. Pemilihan tempat juga menjadi hal yang penting. Tempat berlangsungnya suatu acara atau kegiatan akan menjadi konsiderasi kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan pembelajaran akan optimal jika eksplorasi yang akan dilakukan siswa di tempat yang dipilih berlangsung optimal. Aspek ini meliputi standar survey, penyesuain pemilihan tempat dengan jenis kegiatan, optimalisasi explorasi, serta pemetaan resiko dan evaluasi.

Hal yang tak kalah penting dan tidak boleh dilupakan adalah aspek persiapan dan koordinasi tim. Persiapan yang matang juga akan menentukan keberhasilan dari kegiatan outdoor learning. Persiapan tersebut mencakup penyamaan persepsi, pembuatan kegiatan yang mencakup 7 survival skills mengakomodasi perkembangan kognitif, koordinasi tim yang berlangsung secara berkala, final checking dan evaluasi. Setelah semua hal teknis dan mendasar dilakukan, koordinasi tim juga patut mendapat perhatian. Tim yang memiliki visi dan misi yang sama akan mudah bergerak bersama untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Hal ini akan memudahkan suatu kegiatan berlangsung dan juga membuat siswa lebih merasakan atmosfer yang hangat dalam pembelajaran. Aspek ini meliputi pembentukan prior knowledge, menyamakan persepsi dan tujuan, koordinasi dan evaluasi. 

Sukses Kriteria.Mengingat pentingnya mempertimbangkan aspek-aspek dalam standar pembelajaran di luar kelas, maka dibutuhkan sukses kriteria untuk memudahkan guru atau sekolah dalam menganalisa kegiatan yang dirancang. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kegiatan yang dapat mencakup proses dan juga perubahan cara pandang dan sikap yang akan dialami siswa setelah mengikuti proses pempejaran di luar ruangan.

Tabel 2. Sukses Kriteria Kegiatan Outdoor Learning (Lihat PDF)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s