Cara Memperkenalkan Design Thinking pada Anak Usia 6-8 Tahun. (3)

Design Thinking for Kids

Perlu diingat kembali bahwa “cara memperkenalkan” lima fase design thinking pada anak menjadi kunci keberhasilan perkenalan itu. Menindaklanjuti rancangan empathy map dan DTS (Design Thinking Standard) pada artikel sebelumnya, perlu dikemukakan bahwa pengambilan data pembuatan empathy map melewati langkah-langkah sebagai berikut, pertama observasi dan wawancara pada anak-anak usia 6-8 tahun yang bersekolah di Focus Independent School. Kedua mencari data yang tidak disukai anak (pain) dan yang digemari anak (gain) saat melakukan aktivitas kegiatan drama, kegiatan olahraga dan kegiatan arts.

Grafik Empathy Map

Dari empathy map dan DTS yang sudah dibuat, kemungkinan rancangan “cara memperkenalkan” lima fase design thinking pada kegiatan drama, kegiatan olahraga dan kegiatan arts, akan memiliki kecenderungan pola seperti tersebut dibawah ini.

Kegiatan Drama

Kegiatan Olahraga. (Kegiatan Olahraga yang dimaksud adalah Pelajaran Pendidikan Jasmani) yang dilakukan di sekolah, hal ini berkaitan dengan digunakannya DPS.

Kegiatan Arts. (Kegiatan Artsyang dimaksud adalah Pelajaran Arts yang dilakukan di sekolah, hal ini berkaitan dengan digunakannya DPS).

Prototype dan test dilakukan anak saat mereka sudah melaksanakan tindakan ideate atau ekplorasi solusi (sket, gerakan tubuh, cerita). Hal ini disebabkan karena kecenderungan anak usia 6-8 tahun yang selalu bertanya dan memastikan pekerjaanya benar atau tidak pada guru saat mengerjakan tiga kegiatan ini. Sehingga pada saat prototype dan test anak langsung melakukan iterasi. Iterasi dalam design thinking berfungsi untuk menyempurnakan solusiPeran guru sangat vital pada proses prototype, test, serta interation. Guru harus menjadi orang yang memimpin dan paling paham terhadap proses design thinking yang sedang dilakukan oleh anak-anak. Guru harus memberi kesempatan pada anak supaya tidak terlalu cepat melakukan iterasi.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s