Pengajaran Sejarah Pahlawan Monoton (1)

Menurut KBBI belajar adalah sebuah kata kerja yang artinya berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Namun apa yang terjadi jika belajar itu sangat membosankan? Harian Kompas (6/11/2018) menuliskan sebuah berita tentang “Pengajaran Sejarah Pahlawan Monoton”. Di dalam berita tersebut dikatakan pengajaran sejarah saat ini tidak menarik bagi siswa dan akhirnya tidak diserap baik oleh siswa. Di jelaskan juga banyak faktor yang membuat pengajaran sejarah pahlawan monoton, tidak menarik dan tidak memiliki makna. Menurut sejarawan Universitas Indonesia, Bondan Kanumoyoso, pengajaran sejarah di masa sekarang tidak memiliki makna yang dalam karena pengajaran sejarah hanya menekankan pada penanaman nilai-nilai, bukan pada penanaman sikap kritis. Ditambah lagi, mata pelajaran sejarah disampaikan oleh guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan sejarah. Selain itu, tidak adanya penggambaran sejarah pahlawan yang benar juga menjadi faktor penyebab pengajaran sejarah pahlawan menjadi monoton.

Tak heran, siswa lebih tertarik dengan pahlawan rekaan buatan Marvel atau Disney. Popularitas pahlawan Indonesia kalah pamor dengan pahlawan fantasi. Sebagai contoh saat membahas tentang Jendral Soedirman yang memiliki jasa besar dalam Agresi Militer II, yang dibahas dalam materi pelajaran sejarah hanya tanggal terjadinya agresi, serta peristiwa agresi secara singkat. Siswa tidak diberi kesempatan untuk bersikap kritis terhadap perjuangn Jendral Soedirman.

Dalam salah satu jurnal yang ditulis oleh Guru Besar Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia Prof S. Hamid Hasan mengatakan bahwa secara umum materi sejarah seharusnya memberikan informasi yang lengkap tentang keberhasilan dan kegagalan bangsa dalam menjawab tantangan zaman. Sehingga kita bisa mencermati tindakan-tindakan yang berhasil dan tidak berhasil dilakukan oleh para pelaku sejarah dalam mencapai tujuannya. Materi sejarah seharusnya bukan hanya cerita sukses tetapi juga cerita kegagalan. Dengan demikian materi pendidikan sejarah yang dilakukan oleh manusia di masa lampau memiliki potensi untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan masa kini.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s