Lima Syarat Membuat Infografis (5)

Infografis adalah penggambaran data yang awalnya kompleks  menjadi bentuk yang lebih sederhana dan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Jika kita telah mengumpulkan data, termasuk data statistik, kita perlu membuat infografik untuk menyampaikan pesan agar pembaca lebih mudah memahami suatu fakta yang panjang menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami. Infografis dapat membantu menjelaskan cerita yang membosankan apabila hanya dijelaskan melalui kata-kata dan melalui foto. Penggunaan infografis dapat diaplikasikan dalam presentasi, laporan tahunan, konten penelitian, blog, dan proses pembelajaran. Hal ini akan membuat orang tertarik karena infografis menjelaskan sebuah cerita menggunakan elemen visual yang dapat membuat sebuah informasi mudah diserap dan dipahami.

Dalam proses penyusunan infografis terdapat syarat syarat yang harus dipenuhi sehingga infografis dikatakan sukses, yaitu:

  1. Mudah dipahami. Pemilihan gambar dan kata-kata harus mudah dipahami terkait informasi yang ingin disampaikan. Jika pembaca tidak dapat memahami infografis yang kita buat maka infografis tidak berguna.
  2. Komunikatif. Sebuah infografis harus komunikatif artinya mampu menyampaikan pesan dengan baik. Yang dimaksud pesan disini bukan hanya informasi, namun termasuk juga pemikiran, keinginan dan perasaan dari penulis kepada pembaca. Pesan yang diterima oleh pembaca sama harus sama dengan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Jika infografis tidak komunikatif maka pembaca  tidak memiliki informasi yang lengkap dan jelas.
  3. Alur dan desain yang tertata. Infografis harus memiliki alur yang jelas dan tertata dengan rapi. Alur infografis adalah urutan peristiwa dalam sebuah informasi peristiwa yang sambung -menyambung. Alur infografis yang baik akan memudahkan kita memahami peristiwa dalam sebuah cerita. Alur tidak hanya berkaitan dengan apa yang terjadi, tetapi juga mengungkapkan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa dan konflik dalam cerita bisa terjadi.
  4. Desain yang menarik. Infografis harus memiliki desain yang menarik karena infografis adalah media komunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan fasilitas gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Secara umum, orang akan lebih cepat menerima pesan dalam bentuk visual dibandingkan dalam bentuk teks. Bentuk visual yang dimaksud haruslah universal sehingga bisa ditangkap oleh orang dari berbagi latar belakang yang berbeda. Desain harus mampu memberi kesan pertama yang impresif. Apabila pembaca tidak tertarik dengan desain dalam Infografis, dia Desain adalah sesuatu yang serius. Desain merupakan alat yang sangat berpengaruh dalam pembuatan infografis. Karenanya, desain tidak bisa dianggap remeh. Jangan sampai saat orang melihat desain kita, kesan asal jadi dan tidak professional yang tertangkap. Desain yang dibuat dengan baik akan dapat menggarisbawahi atau menekankan pesan yang ingin disampaikan. Desain yang memikat akan membuat orang memberikan tanggapan setelah memahami pesan yang disampaikan sehingga infografis yang kita buat dapat bermanfaat kepada pembaca.
  5. Data yang Valid. Dalam pembuatan Infografis yang disampaikan harus valid, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan. Pembuat infografis tidak boleh mengambil data dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan sampai kita memberikan informasi palsu sehingga membuat pembaca bingung dan menerima informasi atau bahkan konsep yang salah. Oleh karena itu sangat penting menyertakan sumber-sumber yang dapat dipertanggung jawabkan saat membuat infografis sehingga pembaca mendapatkan manfaat dan informasi yang benar. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s